Pulau Karimun Jawa – ‘krumun-krumun saka Jawa’ dengan sejuta pesona

Tunggu-tunggu, sebelum ane mau nge-posting banyak hal tentang Indonesia, saya akan berkisah mulai dari ranah Jawa lagi deh, karena saya ini orang Jowo, orang tua saya tinggal di Jowo, embah saya ,buyut saya iki wong Jowo kabeh jadi saya akan banggakan tempat-tempat Indah di Jawa. yup, mulai dari ranah saya sendiri,Jawa Tengah. Kalau kota-kota besar yang terkenal pasti udah gak asing lagi buat dinikmati kayak Semarang the little Netherland,Yogyakarta the romantic city, Solo the spirit of Java.Nah, yang satu ini must visit banget kawann. Yang satu ini Paradise-nya Jawa Tengah. Tebak apa cobaa? Pulau Karimun Jawa yang menyediakan keelokannya bagi siapa saja yang berkunjung kesana. Saya juga mau banget tuh kesana, cuman satu jawaban saya, nunggu libur,saya lagi sibuk-sibuknya mempersiapkan kelulusan sekolah#eaaa. Pengen tau gimana ajibnya pulau yang satu ini? Penasaran kenapa disebut Pulau Karimun Jawa? Pada makna harfiah Jowo-nya Karimun dari kata’krumun-krumun’ yang arti Indonesianya samar-samar,kalo di gabungin berarti Pulau yang letaknya samar-samar dari pulau Jawa.

 Begitulah,Pulau Karimunjawa yang merupakan bagian dari Propinsi Jawa Tengah tertelak  80km di utara Semarang.Kalau dari sebelah barat kota Jepara Karimunjawa 45 mil.Wilayah yang terdiri dari 27 pulau ini menawarkan keindahan alami yang belum terjamah,wilayah ini dihuni oleh keturunan dan pengikut Sunan Nyamplungan-putra dari Sunan Muria,salah seorang wali penyebar agama islam di Jawa.Kebanyakan pulau disini tersusun atas hutan mangrove,sebagian besar pulaunya dikelilingi oleh pantai-pantai berpasir putih.Anda bisa menemukan penyu bertelur di beberapa wilayah. Langsung saja, kita ubek-ubek yuk Pulau ini biar ikannya pada mabok.

Image

Jangan takut mahal kalau traveling tuh, kalau di perjalanan kita hoki,kan who knows?.Oke, Start dari Transportasi laut yang ada berangkat dari Pelabuhan Kartini Jepara dengan menggunakan KM. Muria 2 kali seminggu atau berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dengan kapal cepat Kartini setiap hari Sabtu dan Senin.,untuk info yang sekarang naik Kapal Motor Cepat Kartini Rp.135.000,untuk Kapal Muria Rp.80.000 bagi turis lokal. Nahlo, milih yang mana? Mending jadi orang yang punya rumah di karimunjawa lah!.hehehe.Kalau mau naik pesawat dapat ditempuh dari Bandara A. Yani Semarang menuju Bandara Dewadaru di P. Kemujan dengan pesawat carteran.ribet juga yah? Jarak tempuh kesono hampir dua jam-an lah.Tambahan dari blog samping, Untuk nomor telepon agen penjual tiket Kapal Ekspres Bahari yang di Karimun Jawa (kalau Bapak Novera adalah yang di Pelabuhan Kartini Jepara) adalah 0291-592999 / 598488, atau HP 0821445 77777 (maaf kami lupa nanya nama petugas kantor agen penjualnya).*gubrak deh!

Image

“Sesampainya di laut, ku kabarkan semuanya,kepada karang kepada ombak    kepada matahari..tetapi semua diam, tetapi semua bisu…la..la..la”

Tiba-tiba jadi kelintas lagu itu sih. Hadoh, gara-gara tiap pergi bareng keluarga, di tape mobil diputer lagu ini,ini lagi.beuhh.. Yak, sampai di garda selamat datang*wilujeng sumbing di Pulau Karimun Jawa yang aernya bening kayak mata bidadari itu, langsung caw ke penginapan dan yang paling penting yang menawarkan jasa kegiatan seputar disana,kaya snorkling,nyelem(eh sama aja itu mah), foto bareng ikan yang unyu-unyu, dan dari hasil search saya, ada temen blog samping nge-posting begini” kami menelpon beberapa penginapan yang sudah ada informasinya di internet. Semuanya penuh. Hanya tersisa 1-2 kamar, sementara kami membutuhkan sekitar 5 kamar. Akhirnya, kami pun harus kembali berjalan kaki mencari penginapan. Syukurnya, perjalanan terhitung lancar, karena pada pemberhentian ke-3, kami sudah mendapatkan penginapan dengan jumlah kamar yang cukup untuk kami semua. Namanya Pelangi Homestay, tempatnya masih baru, Pak Tajab adalah nama pemiliknya. Rumahnya tergolong bersih, yah namanya juga masih baru, dan Pak Tajab sepertinya baru juga di dunia homestay ini  karena tidak satu pun dari kami yang Ia mintai KTP atau bukti identitas apapun. Untuk kamar ber-AC dibanderol oleh Pak Tajab Rp 225,000/malam, sementara yang hanya ber-kipas angin dibanderol Rp 125,000/malam. Harga sudah termasuk sarapan pagi, kopi, teh, dan gula yang bisa kita konsumsi kapan saja. Oya, ada yang menarik, Karimun Jawa masih mengalami keterbatasan listrik. Sambungan listrik hanya tersedia di malam hari, karena Pak Tajab menggunakan genset pribadinya.  Jadi, tidak bisa charge handphone, laptop, atau menghidupkan AC di siang hari. Tidak apalah, toh kami juga tidak akan berada di penginapan di kala siang.” Lumayan kan? Iyalah, daripada lumanyun.. ada CP-nya pulaa nih gue kasih..hup! dapet gaa? Untuk nomor telepon Pak Tajab pemilik Pelangi Homestay: 0813 2798 2922. Nah, lumayan ada bayangan lah. Ya gaa?

Image

Disana masih banyak kok paket tour yang lainnya yang nawarin trip-trip jalan-jalan mengelilingi pulau Karimun Jawa yang aduhai itu, kalau bisa cari yang Promo. Jadi keinget kata temen aku yang ‘super glamours’ itu, jadi cewek ya harus ‘modis’(modal diskon)#plakk. Bisa lah,nge-ting-ting in abang-abang yang punya paket tour-nya, itu jurus terakhir,jurus Kecantikan!khusus buat cewek lho yaa. Kalo cowok ikut-ikutan pake jurus ini, kebayang deh, abang-abangnya langsung ‘nyebur’ pantai kali yaa. Okesip lah, ini nice trip buat kamu dan juga saya sendiri. Sampai jumpa di pulau Karimunjawa yang sesungguhnya,bukan hanya sekedar di tulisan doang. Iya gak?:D. Dan yang pasti yang saya incar adalah melihat surga di bawah air. See ya!Image

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: